Pengaruh Kegiatan TPA terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Al Qur’an Hadits Siswa MI Al Ma’arif
Pengaruh Kegiatan TPA terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Al Qur’an Hadits Siswa MI Al Ma’arif
DOI:
https://doi.org/10.62750/staika.v5i2.68Keywords:
Pengaruh Kegiatan TPA, Prestasi Belajar, Al Qur’an Hadits, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam rangka memajukan mutu pendidikan terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits. sedangkan masalah yang diteliti adalah ”Apakah ada perbedaan pretasi belajar Al-Qur’an Hadits antara siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA”. Berkenaan dengan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui ”Prestasi belajar bidang studi Al-Qur’an Hadits antara siswa kelas III MI AL Ma’arif Cumpleng Brondong Lamongan yang berjumlah 40 siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA. Dalam penelitian ini dilapangan digunakan metode angket, metode wawancara, metode dokumentasi, untuk menggali data tentang prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas III MI AL Ma’arif Cumpleng Brondong Lamongan yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA. Hal ini berdasarkan kesimpulan dari statistik sebagai penguji Hepotesis kerja, perhitunga terakhir dari variable X dan variable Y membuktikan bahwa 8,05 adalah nilai rata-rata dari variable X atau 50 % dari responden, dan 6,9 adalah nilai rata-rata dari variable Y atau 50 % dari responden. Variabel X adalah siswa yang mengikuti TPA sedangkan variable Y adalah siswa yang tidak mengikuti TPA. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh perbedaan yang sangat signifikan antar siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA.
Downloads
References
Ahmadi Abu, Supriyono. Psikologi Belajar, Jakarta : Renika Cipta. 1995
Arikunto,Suharsimi. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Jakarta;Bina Aksara. 2002
Sabri. Psikologi Pendidikan, Jakarta CV, Panduan Ilmu Jiwa. 1996
Ari Kunto, Suharsimi. Pengelolaan Kelas dan Siswa, Jakarta : Rajawali. 2002
Berlinger. Perkembangan anak-anak Surabaya: Usaha Nasional. 1996
Djamarrah, Bahri, Syaiful. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru,Surabaya:Usaha Nasional. 1994
Humam, Dkk. Pedoman Pengelolaan, Pembinaan, Pengembangan, membaca, menulis dan memahami Al-Qur’an, Yogyakarta: M3A. 1995
Kamus besar. W.j.s. Purwo Darminto. kamus Umum Bahasa Indonesia. 1990
Muhibbin. Psikologi Belajar, Jakarta: Logos. 1999
Sutrisno, Hadi. Psikologi Pengembangan pada anak Surabaya: Apollo. 1994
Syarifa’ain, Mujamman, Khodim Al-Haromain. Al-Qur’an terjemah Departemen Agama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Abdul Rahim Karim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.