Analisis Penarapan Kebijakan Merdeka Belajar Pada Kurikulum SMP
Analisis Penarapan Kebijakan Merdeka Belajar Pada Kurikulum SMP
DOI:
https://doi.org/10.62750/staika.v5i2.66Keywords:
Analisis, Merdeka Belajar, Kurikulum SMPAbstract
Merdeka Belajar menjadi revolusi pendidikan Indonesia yang makin berkualitas. Kemerdekaan memberikan berbagai macam fleksibilitas di kurikulum. Kemerdekaan adalah guru diberikan hak untuk memasukkan kearifan lokal dan kemerdekaan pemikiran agar anak-anak bangsa bisa berpikir secara merdeka dan tidak terjajah oleh pemikiran sempit. Merdeka Belajar dilaksanakan untuk memerdekakan otak dan kesempatan ekonomi anak-anak penerus bangsa pada saat masuk ke dunia pekerjaan, memerdekakan guru untuk bisa menentukan apa yang terbaik bagi level kompetensi dan minat dari anak-anaknya, serta memerdekakan institusi-institusi pendidikan untuk berinovasi dan mencoba hal- hal yang baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran: 1). Bagaimana penerapan kebijakan merdeka belajar pada kurikulum SMP pelajaran , 2) Apa hambatan penerapan kebijakan merdeka belajar pada kurikulum SMP pelajaran , serta 3) Apa upaya yang ditempuh untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Tempat penelitian di laksanakan di SMPM 29 Sidodadi. Pendekatan yang digunakan terhadap masalah penelitian ini adalah pendekatan kualitatif didukung oleh data deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi aktif, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan selama penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa: 1) Penerapan kebijakan merdeka belajar pada kurikulum SMPM 29 Sidodadi dengan melaksanakan sistem pendidikan pada ranah input, proses, dan output; 2) Hambatan penerapan merdeka belajar SMPM 29 Sidodadi meliputi: a) Pemenuhan peningkatan kompetensi guru yang terprogram; b) Guru belum mempunyai pengalam an yang sukses dalam penerapan ketrampilan dan pengetahuan pada proses kerja yang akan dilakukan; c) Perubahan standar kompetensi pembelajaran yang dinamis memerlukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan.; 3) Upaya untuk mengatasi kendala yang ada dari penerapan merdeka belajar adalah: a) Membuat kesepakatan MOU kerjasama dengan Sekolah lain untuk melaksanakan studi banding; b) Mengembangkan metode pembelajaran dengan nuansa kerja sesuai dengan hasil pelatihan maupun studi banding; c) Dialog dengan pengawas sekolah untuk mendapat bimbingan, pengarah, dan pelatihan tentang penyusunan kurikulum, perangkat, dan metode pembelajaran.
Downloads
References
Alam, S. Merdeka Belajar dan Mutu Pendidikan. Https://Mediaindonesia.Com/Opini/311863/Merdeka-Belajar-Dan-Mutu- Pendidikan. (2020).
Asmad. Konsep dasar Analisis Kebijakan. Https://Ejournal.Kopertais4.or.Id, 17. (2013).
Bachri, B. S. (2012). Menyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Http://Yusuf.Staff.Ub.Ac.Id/Files/2012/11/Meyakinkan- Validitas-Data-Melalui-Triangulasi-Pada-Penelitian-Kualitatif.Pdf.
Baedhowi. Pengaplikasian Pola Multi Entry-Multi Exit ( MEME ) Guna Mendukung Konsep Merdeka Belajar di SMK. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. (2020).
Butarbutar, poltak efrisko. Kurikulum Merdeka Belajar. (2020). Https://Www.Kompasiana.Com/Poltakbutarbutar8687/5e6b5006097f36798e4ca 062/Kurikulum-Merdeka-Belajar.
Chahyanti, D. Pembelajaran di Era Merdeka Belajar. Https://Www.Timesindonesia.Co.Id/Read/News/341708/Pembelajaran-Di-Era- Merdeka-Belajar. (2021).
Permendibud No. 34 Tahun 2018,
GTK, S. Mengenal Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak. Https://Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Read-News/Mengenal-Konsep-Merdeka-Belajar- Dan-Guru-Penggerak. (2019).
Hendri, N. Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi. (2020). Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/e-Techr, 08 Number. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Ilham, A. W. Standar Proses Pendidikan Nasional dan Penerapannya dalam Sistem Pendidikan di Sekolah. (2014). Https://Www.Kompasiana.Com/Arits.Ilham/54f73fffa33311590f8b47ab/Stan-Proses-Pendidikan-Nasional-Dan-Penerapannya-Dalam-Sistem-Pendidikan Di-Sekolah?Page=all.
Kemendikbud. Merdeka belajar. (2019).
Kemendikbud. Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar.” Www.Kemdikbud.Go.Id. (2020).
Kemendikbud. Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan Berstandar Industri. Https://Bantuan.Simpkb.Id/Books/Simpkb-Upskill-Vokasi- Smk/Ch01/1-1-Login-Kedalam-Simpkb. Html. (2020).
Kusumaryono, R. S. Merdeka Belajar. Https://Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Read- News/Merdeka-Belajar. (2020).
Miftah, S. (2021). Teknik Analisis Data. Https://Www.Dqlab.Id/Teknik-Analisis- Data-Mengenal-Lebih-Dalam-Analisis-Data.
Permendikbud No. 22 Tahun 2020,
Priambodo, B., & Nurfaidah, M. PPDB Sistem Zonasi Wujudkan Kelas Heterogen. Https://Lpmpjatim.Kemdikbud.Go.Id/Site/Detailpost/Ppdb-Sistem- Zonasi-Wujudkan-Kelas-Heterogen. (2019).
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1. (2020).
Sintia. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. (2021).Https://Fmipa.Unri.Ac.Id/Berita/Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka/.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Sujarwo. (n.d.). Desain Sistem Pembelajaran. (2015).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Shobikul Muayyad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.