Peranan Mata Pelajaran Al-Islam terhadap Moralitas Siswa SMP Muhammadiyah 14 Paciran

Peranan Mata Pelajaran Al-Islam Terhadap Moralitas Siswa SMP Muhammadiyah 14 Paciran

Authors

  • Umi Rosyidah STAI Muhammadiyah Paciran, Lamongan
  • Nashruddin Abdul Khair STAI Muhammadiyah Paciran, Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.62750/staika.v5i1.53

Keywords:

Peranan, Al Islam, Moralitas

Abstract

Pada penelitian ini permasalahan yang muncul adalah " adakah peranan mata pelajaran Al-Islam terhadap moralitas siswa SMP Muhammadiyah 14 Paciran Lamongan?". Berdasarkan permasalahan yang diajukan tersebut , maka hipotesis yang muncul adalah : Ha : " Ada hubungan positif antara peranan mata pelajaran Al-Islam terhadap moralitas siswa SMP Muhammadiyah 14 Paciran Lamongan". Penelitian ini meliputi bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Islam, bagaimana moralitas siswa, dan bagaimana peranan mata pelajaran Al-Islam terhadap moralitas siswa di SMP Muhammadiyah 14 Paciran Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian berada di SMP Muhammadiyah 14 Paciran Lamongan. Dengan sampel penelitian 30 siswa kelas VII A yang . Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Berdasarkan data di lapangan dan hasil analisis data, ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Islam terlaksana dengan baik. Moralitas siswa berkembang pesat, banyak perubahan perilaku yang  dialami dari yang dulunya tidak baik menjadi baik.  Prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran Al-Islam sudah berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Korelasi data menunjukkan r hitung  0,90 > r tabel 0,367 pada taraf signifikansi 5% yang tingkat korelasinya sangat kuat atau sangat tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara peranan mata pelajaran Al-Islam terhadap moralitas siswa SMP Muhammadiyah 14 Paciran Lamongan atau Ha diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Warson Al-Munawwir, Kamus Al-Munawwir, Pustaka Progresif.

Budiono, M.A, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Karya Agung, Surabaya, 2005

Muhmidayeli, Membangun Paradigma Pendidikan Islam, Pekanbaru:Program Pascasarjana UIN Suska Riau, 2007

Mansur Amril. Etika dan Pendidikan,Pekanbaru, 2005.

Puskur Balitbang Diknas, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PAI SMP/MTs (Jakarta: Balitbang Diknas, 2006).

Toety Herady, Diktatik Asas Mengajar, Yarmurs, Bandung, 1987

Thoib Ismail, Wacana Baru Pendidikan Meretas Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Genta Press, 2008

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka,1991)

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Bumi Aksara,2004)

Downloads

Published

10-02-2022

How to Cite

Rosyidah, U., & Khair, N. A. . (2022). Peranan Mata Pelajaran Al-Islam terhadap Moralitas Siswa SMP Muhammadiyah 14 Paciran: Peranan Mata Pelajaran Al-Islam Terhadap Moralitas Siswa SMP Muhammadiyah 14 Paciran. Jurnal Staika: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 5(1), 67–75. https://doi.org/10.62750/staika.v5i1.53

Issue

Section

Article